Rabu, 15 Juni 2016

Tips Kue Kering Renyah & Rasa Premium

1. Sangrai tepung terigu tapi jangan terlalu lama, cukup sampai terigu hangat merata.

2. Lebih bagus jika mentega atau margarine dikocok sebentar dengan mixer sampai lembut lalu tambahkan keju parut sedikit saja untuk membuat rasa lebih gurih lalu kocok lagi hingga si keju bercampur dengan mentega lalu masukan kuning telurnya. Kocok lagi sebentar saja. Angkat wadah dari mixer lalu baru masukan bahan bahan kering. 

3. Jika ingin rasa yang premium tambahkan diakhir dengan 2 sdm fresh cream atau whipping cream diary.

4. Tidak perlu terlalu banyak menambahkan kuning telur satu resep per 250 gr tepung terigu cukup 1 kuning telur, karena terlalu banyak telur juga akan membuat adonan kue kering berat dan tidak bisa mengembang sempurna dan itu yang kadang tidak menjadikannya renyah.

4. Nah ini yang terpenting, jika ingin hasil kue kering betul-betul istimewa dengan kerenyahannya gunakan mentega atau salted butter saja jangan dicombine dengan margarine. Kalau dirasa butter mahal, coba dicombine butter yg istimewa dengan butter yang kelas menengah. Saya suka mencampurkan butter wisjman dengan butter hollman. Kue kering akan mengembang bagus. Karena itu membentuk adonannya cukup kecil kecil saja karena nantinya akan mengembang sempurna. 

5. Boleh juga menambahkan perenyah atau namanya disebut emplex agar selain renyah juga kue kering bisa lebih awet (terutama untuk berjualan ya) cukup untuk 1 resep 1/2 sdt saja per 500 gr tepung terigu.

6. Jaga suhu api agar jangan terlalu panas cukup di 150°c atau 170°c paling tinggi untuk menghindarkan kue kering retak. 

7. Nah ini juga penting untuk hasil bentuk yang cantik. Karena kue kering ini hasilnya renyah kadang diangkatnya suka agak nempel di loyang ya terutama jika ada lelehan kuning telur menempel diloyang pasti agak sulit melepasnya. Gunakan baking paper atau lebih bagus lagi gunakan silicon baking paper. Hasilnya sikue kering akan mudah diambil dari  loyang serenyah apapun hasilnya.

8. Terakhir untuk olesan. Agar hasil olesan bisa cantik kuning tidak pucat. Cukup dioles dengan kuning telur dan olive oil atau salad oil atau minyak goreng. Kocok sebentar lalu oleskan menggunakan kuas kecil. Untuk hasil yang lebih maksimal warnanya, sesaat sebelum kue kering matang ambil dari oven olesi sekali lagi dengan campuran kuning telur dan minyak goreng. Panggang lagi sebentar hingga kue kering atau matang.
sumber : fb susianne flo s

0 komentar:

Posting Komentar

 

~* Dapur Ummi *~ Template by Ipietoon Cute Blog Design